Cara Menghadapi Rekan Kerja yang IRI & Teman Bermuka Dua

Cara menghadapi rekan kerja yang iri dan teman bermuka dua. Menghadapi rekan kerja yang suka cari muka merupakan hal yang paling menyebalkan. Mungkin Anda sedang menghadapi rekan kerja yang suka iri, teman bermuka dua yang senang menjatuhkan kita. Maka hati-hatilah, salah satu tipe rekan kerja yang paling buruk di kantor adalah "orang bermuka dua". Ciri ciri orang bermuka dua adalah suka menjelekan orang lain, suka menjatuhkan rekan kerja. Tidak sedikit rekan kerja yang memiliki sifat iri hati atau bermuka dua terhadap rekan kerjanya sendiri.


menghadapi rekan kerja yang cari muka
(foto: google.com)


Setelah menerjunkan diri ke dunia kerja, Anda akan menemui beragam tipe pegawai di tempat kerja. Hati-hati, salah satu tipe rekan kerja yang paling buruk di kantor adalah para pegawai bermuka dua. Tipe karyawan ini pasti ada di setiap perusahaan. Jika tidak dihadapi dengan bijak, mereka akan mengganggu kinerja Anda.


Sebagian besar karyawan pasti pernah merasakan bekerja dengan tipe pegawai bermuka dua atau iri. Dia seringkali menjelek-jelekkan pegawai lain pada atasan atau rekan kerja lain di kantor. Tak hanya itu, dia juga tak segan menjadi penjilat demi memperoleh citra baik di depan orang lain atau atasan Anda, yang pada akhirnya ingin mendapatkan promosi. Bahkan tak jarang, dia juga menjelek-jelekkan bosnya pada orang lain di kantor. Kira-kira kalau punya teman bermuka dua, kita harus bagaimana ya?.


Kondisi seperti ini ternyata dapat membuat Anda frustasi dan kesulitan berkonsentrasi saat bekerja. Namun tidak perlu khawatir, tipe karyawan seperti ini, tidak sulit untuk dihadapi. Apabila Anda memiliki rekan kerja yang mudah iri atau bermuka dua, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menghadapi teman atau rekan kerja yang ingin menjatuhkan kita. Tips cara menghadapi rekan kerja yang iri atau yang suka cari muka alias bermuka dua.


1. Jangan tanggapi sikapnya
Anda tentu bukan satu-satunya orang yang pernah menyaksikan sikap buruknya di kantor. Jika dia mulai membicarakan hal negatif tentang bos atau rekan kerja lain, cobalah untuk mengabaikannya. Pegawai yang senang menceritakan kejelekan orang lain biasanya hanya senang mencari perhatian. Jadi, saat dia mulai menjelekkan orang lain, tinggalkan saja. Dia harus tahu bahwa itu merupakan sikap yang buruk dan tidak bisa diterima. Tidak menanggapi sikap buruknya merupakan cara terbaik untuk menyadarkannya.


2. Bekerja dengan Sebaik-baiknya
Sebagai pegawai, Anda tentu tak ingin terlihat berprestasi hanya dengan menjilat atasan di kantor. Di hadapan karyawan yang bermuka dua, sebaiknya Anda menunjukkan kehandalan dan keseriusan bekerja. Memperlihatkan kekuatan kerja Anda dapat membuatnya sadar, bahwa bekerja keras lebih penting dibandingkan hanya bersikap manis pada atasan.


3. Ajak Bicara dan Jaga Emosi
Ketika cara kerja mereka sudah benar-benar mengganggu Anda, sebaiknya ajak mereka bicara baik-baik. Bisa Anda memanggilnya ke ruangan Anda, atau bisa juga Anda datang langsung ke ruangan mereka. Tanyakan semua hal buruk yang dilakukannya, saya sarankan Anda tetap menjaga emosi dengan baik. Dengarkan dengan seksama mereka bercerita, baik juga Anda mencatat detail dari yang mereka ucapkan. Setelah mereka selesai bicara, giliran Anda untuk menyampaikan uneg-uneg. Sampaikan kepada mereka bahwa Anda tidak nyaman dengan apa yang mereka lakukan. Jelaskan juga bahwa apa yang mereka lakukan sangat mengganggu bagi Anda.


4. Bicarakan Dengan Rekan Kerja yang Lain
Jika setelah Anda ajak bicara secara pribadi ia tetap melakukan hal buruk, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah berbicara dengan teman kerja yang lain. Namun sebelum membuka pembicaraan mengenai orang tersebut, sebaiknya Anda minta pendapat mereka tentang teman Anda yang bersikap buruk itu. Baru jika ada beberapa teman Anda yang menilai sama dengan Anda, artinya memang teman Anda itu memang bersikap buruk. Baru setelah itu Anda bisa berdiskusi dengan teman-teman kerja Anda. Artinya bukan untuk menyerang balik dia, namun lebih kepada bagaimana mencari cara yang tepat untuk mengatasi sikap buruknya. Apakah langsung berbicara dengan atasan, ataukah cukup diselesaikan antar teman kerja saja. Bicarakan semuanya secara jujur dengan rekan kerja Anda, carilah solusi yang bijak atas masalah seperti ini. Jangan juga Anda mengambil keputusan sepihak dengan tanpa memperhatikan masukan dari orang lain.


5. Bicarakan pada Atasan
Ketika semua cara sudah Anda lakukan dan tidak membuat si penjilat itu sadar dengan sikapnya yang tidak etis, maka ada baiknya Anda atau teman kerja yang yang lain langsung bicara dengan atasan. Sebaiknya jika Anda lapor kepada atasan, sertakan beberapa bukti dan fakta yang akurat agar Anda tidak dinilai sebagai orang yang negatif di mata atasan. Selain bukti, saksi juga perlu Anda hadirkan untuk menghindari prasangka-prasangaka buruk yang lain. Perlu juga Anda lakukan, ungkapkan dengan jujur dan objektif mengenai perilaku orang yang Anda laporkan. Jangan dilebihkan dan juga jangan dikurangi, sampaikan apa adanya biar nanti atasan Anda yang mengambil kesimpulan dan tindakan.


Di atas adalah beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi sikap buruk dari rekan kerja Anda. Intinya adalah Anda tetap harus bekerja sebaik-baiknya, jangan sampai Anda terpengaruh dengan sikap buruk tersebut. Orang yang iri maupun bermuka dua adalah orang yang patut kita waspadai, hal ini dikarenakan orang bermuka dua dan iri sangat berbahaya. Mereka bisa dikatakan orang munafik, didepan kita dia memuji tapi dibelakang, kata kata nya ingin menjatuhkan kita. Inilah ciri ciri teman bermuka dua, buat orang seperti itu, salah satu sifat teman yang harus dijauhi karna teman yang bermuka dua maupun iri, membalasnya bukanlah solusi yang tepat.


Semoga kamu bisa menghadapi rekan kerja yang suka cari muka. Cara terbaik menghadapi rekan kerja yang iri hati atau teman bermuka dua adalah pengendalian diri. Kemudian jaga jarak dan jaga kata kata mu buat teman yang bermuka dua. Memilih teman itu sama ribetnya dengan memilih pacar. Apalagi, kalau ternyata orang yang kita anggap teman itu malah menusuk kita dari belakang (ciri ciri orang bermuka dua). Dan hal yang paling menyebalkan yaitu berada di sekeliling rekan kerja yang suka cari muka dengan atasan. Salah satu cara terbaik saat menghadapi rekan kerja yang gemar cari muka dan ingin menjatuhkan kita adalah hindari atau jauhi, jaga jarak dengan orang bermuka dua hingga dia menyadiri sifat buruknya itu.



1 komentar


EmoticonEmoticon