Tips Cara Mengatasi Workaholic agar tak Gila Kerja

Tips cara mengatasi workaholic agar tak gila kerja. Istilah gila kerja sering disebut workaholic, artinya seseorang yang mementingkan pekerjaan secara berlebihan dan melalaikan aspek kehidupan yang lain. Gila kerja atau workaholic ini memiliki dampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain (bisa pacar, suami/istri, orang tua maupun teman sendiri). Menjadi seorang yang gila pekerjaan atau workaholic bukanlah hal yang baik. Orang yang gila bekerja atau workaholic, selain ada dampak postifnya namun lebih banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari workaholic ini.


cara mengatasi workaholic
(foto: google.com)


Generasi millennials yang saat ini tengah memasuki dunia kerja, biasanya memang punya semangat kerja yang berapi-api. Ciri-ciri orang yang workaholic, mereka akan rela kerja rodi siang malam hingga lembur. Bahkan saking semangatnya, mereka juga 'gak memperhatikan kesehatan diri sendiri. Ya, jadi seorang workaholic itu bakal mendatangkan banyak efek negatif bagi diri sendiri. Namun begitu sudah menjadi workaholic kamu bakal susah melepaskan diri dari jeratan ini.


Oleh sebab itu, kenali gejala workaholic dan cara mengatasinya. Tadi sudah dijelaskan, ciri-ciri workaholic atau seseorang yang gila kerja. Sebelum terlambat, apa she siasat jitu kamu supaya 'gak jadi orang yang gila kerja?. Berikut tips cara mengatasi workaholic agar kamu tak gila kerja.


1. Buat planning harian secara jelas
Membuat planning, bisa jadi siasat jitu untuk melepaskanmu dari jeratan workaholic. Sekalipun kamu bukan orang yang well prepared, rencana kerja yang jelas tetap akan membantumu untuk mengorganisir pekerjaan. Jika pekerjaan bisa terorganisir secara rapi, kamu juga bisa memilah mana pekerjaan yang harus diselesaikan lebih dahulu. Hal ini jelas efektif dan memangkas waktu. Pada akhirnya kamu bisa menyelesaikan secara cepat dan pulang kerja tepat pada waktunya.


2. Matikan segala notifikasi yang berhubungan dengan kantor di luar jam kerja
Di luar jam kerja, haram hukumnya untuk membuka email atau kembali mengerjakan pekerjaan kantor. Ingat, segala hal itu menjadi tidak baik jika berlebihan termasuk dalam urusan pekerjaan. Maka dari itu, buat komitmen pada diri sendiri bahwa kamu akan membagi waktunya secara adil. Cara jitunya, kamu bisa melakukan digital detox. Apa itu digital detox?. Matikan segala notifikasi yang berhubungan dengan kantor. Misalnya saja email, panggilan, hingga chat. Lebih baik lagi jika kamu memisahkan gadget untuk bekerja dan gadget untuk pribadi. Sehingga ketika selesai bekerja, kamu 'gak terganggu masalah kantor lagi atau gatal ingin memeriksa email.


3. Lakukan hobi sepulang kerja
Melakukan hobi, bisa jadi cara jitu untuk mengalihkan perhatianmu ke hal lain selain pekerjaan. Hobi juga bisa mendatangkan aura positif ke hidupmu. Rasa puas yang di dapat setelah menyelesaikan pekerjaan bisa dialihkan ke hobi. Selain puas setelah menggeluti hobimu, kamu juga bakal merasa lebih punya tenaga ketika pergi ke kantor keesokan harinya.


4. Ikut kelas mindfulness, yoga atau olahraga
Selain hobi, kamu juga bisa menyalurkan energimu ke hal lainnya. Olahraga, yoga dan mindfulness bisa menjadi alternatif. Dengan menjalani olahraga sepulang kerja tentu tubuhmu bakal lebih bugar. Hal ini tentu bisa mengimbangi dengan terlalu lama duduk di kantor selama bekerja. Setelah menjalani olahraga, kualitas tidurmu juga bakal lebih nyenyak saat malam hari.


5. Beri reward pada diri sendiri setiap kamu selesai mencapai target pribadi
Selalu beri penghargaan pada diri sendiri, setelah kamu berhasil meraih target pribadi. Misalnya saja, kamu berhak nonton bioskop di akhir minggu. Atau kamu berhak memanjakan diri ke salon atau spa setiap kali proyekmu sudah selesai. Bukan untuk foya-foya, tapi memberi reward pada diri sendiri, ini berfungsi untuk menghargai kerja kerasmu selama ini. Selain memacumu untuk kembali meraih pencapaian lainnya, hal ini juga bakal membuat hidupmu tetap seimbang antara bekerja dan senang-senang.


Ingat, ada hal yang lebih penting daripada kerja. Kerja memang penting, tapi ingatkan dirimu bahwa kerja bukan segalanya. Kamu masih punya teman, pacar (jika ada) dan keluarga yang selalu menunggumu pulang. Menghabiskan waktu bersama mereka bakal membuat energimu kembali penuh. Selain itu, orang-orang spesial di hidupmu juga 'gak merasa diabaikan dengan kesibukanmu. Ini adalah kunci hidup sehat yang sebenarnya dimana kamu tetap bisa mengatur segalanya secara adil dan merata.


Tanyakan pada diri kamu, apakah kamu bekerja untuk hidup atau hidup untuk bekerja?. Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa menentukan apakah Anda seseorang yang gila kerja atau seorang workaholic. Jika ciri-ciri workaholic ada dalam diri kamu, cobalah mengatasi workaholic kamu dengan cara di atas. Menjadi orang yang gila kerja akan membawa dampak negatif bagi kehidupanmu. Semoga tips cara mengatasi workaholic agar tak gila kerja ini, dapat mencegahmu dari penyakit akibat gila kerja.


 

1 komentar

Play free casino games for fun at Mapyro
Best casino 김해 출장마사지 to play for real money in 2021 - Use our 충청남도 출장마사지 exclusive Mapyro casino promo code "MUST" 창원 출장안마 when 김천 출장샵 signing 창원 출장마사지 up and creating your account.


EmoticonEmoticon