Tips Cara Menikmati Pekerjaan yang Tidak Anda Sukai

Tips cara menikmati pekerjaan yang tidak anda sukai. Belajar mencintai pekerjaan!. Ketika suasana kerja sudah tidak nyaman, Anda pasti tak dapat menikmati hari-hari yang dilalui. Menikmati pekerjaan yang tidak Anda sukai adalah harus!. Karna kerja itu nikmat, apabila kita tahu ilmunya. Sudahkan Anda tahu cara menikmati pekerjaan yang tidak disukai?. Saya akan bagikan tips dan cara mudah untuk membuatmu lebih menikmati pekerjaan dan karirmu.


cara menikmati pekerjaan yang tidak disukai
(foto: google.com)


Mungkin kamu pernahkah merasa sulit menjalani hari-hari karena pekerjaan atau bisnis. Timbul perasaan tidak nyaman terhadap pekerjaan kamu sekarang, atau bahkan kamu mulai merasa terbebani baik secara fisik dan batin karena yang kamu kerjakan sekarang. Jika iya, kamu tidak sendirian. Semua manusia yang bekerja pasti pernah berada di posisi itu. Pengusaha, pemilik bisnis, karyawan, pegawai, pemimpin ataupun apapun jenis pekerjaan dan jabatannya semua akan memiliki perasaan itu.


Perbedaannya hanya pada kadar rasa, penyesuaian diri dan cara mengatasinya. Jadi, cobalah berhenti berpikir bahwa kamu manusia paling tidak beruntung atau menyedihkan. Daripada hanya mengeluh, cobalah untuk mencari penyelesaiannya. Mengapa?. Karena sewaktu-waktu bisa saja perusahaan menyingkirkan Anda kapan pun. Namun bagaimana cara kamu mencintai pekerjaan yang tidak disukai itu. Sebuah kata motivasi mencintai pekerjaan mungkin dapat membuat kamu belajar mencintai pekerjaan mu.


Berikut beberapa tips cara mencegah stress karna pekerjaan yang tidak disukai di kantor. Cara bagaimana kita menghadapi pekerjaan tanpa merasa terbebani dan dapat menikmati pekerjaan yang kita pilih. Jika ingin menikmati pekerjaan yang tidak Anda sukai, coba lakukan hal ini. 


1. Ingat Tuhan
Pada dasarnya semua hal yang ada di dunia ini termasuk pekerjaan yang telah kita jalani tidak lain adalah pemberian Tuhan. Sebagai titipan Tuhan, kita harus mempercayai bahwa pekerjaan tersebut adalah jalan terbaik yang telah diberikan Tuhan pada kita. Ketika kita selalu ingat akan Tuhan, kita bisa ingat bahwa kita adalah pegawai dari secuil “bisnis” milik Tuhan. Jika prinsip itu benar-benar kita fahami, kita akan berfikir, apakah kita akan menyia-nyiakan kesempatan ini?. Mengecewakan atasan kita hanya karena perasaan negatif kita?. Jawabannya pasti tidak.


2. Memulai hari dengan senyuman
Terdengar klise memang, namun cara ini betul adanya. Berangkat kerja dengan hati dan mood yang negatif bisa membuat hari kita terasa kosong. Kamu akan lebih menikmati pekerjaan dengan memulai hari dan berangkat kerja dengan senyum dan mood positif. Sempatkan beberapa menit di pagi hari untuk tertawa, bercanda dengan keluarga saat sarapan, mengunjungi situs humor online favorit, hingga sekedar berbagi tawa dengan teman seperjalanan ke lokasi kerja.


3. Menjalin hubungan baik dengan rekan, atasan dan bawahan tanpa membedakan
Bekerja paling nyaman apabila kita selalu berfikir positif, jangan selalu berfikir atasan hanya selalu menyuruh tanpa memikirkan kita. Jangan selalu berfikir bawahan adalah orang yang bisa disuruh tanpa sebuah alasan. Buatlah sebuah pemikiran bahwa kantor adalah rumah dan keluarga kedua kita. Jika teman-teman dan atasan di kantor sudah kita anggap seperti keluarga sendiri, maka kita akan bekerja dengan perasaan nyaman serta akan saling membantu dan mendukung jika mengalami kendala-kendala dalam bekerja.


4. Kuasai bidang kerja dan permasalahannya
Pelajari masalah-masalah yang mungkin terjadi saat bekerja, lalu cari teknik-teknik penyelesaiannya yang terbaik. Jadi, ketika kita dihadapkan pada masalah, minimal kita sudah punya solusi yang dapat digunakan tanpa membuang banyak waktu untuk berpikir dari awal. Jika pekerjaan yang telah kita kuasai dari a sampai z, maka akan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dan tidak menuntut banyak pikiran.


5. Tinggalkan pekerjaan setelah jam kerja berakhir
Bisa jadi hal ini adalah poin paling penting untuk lebih menikmati pekerjaan. Ya!, berikan 100% pikiran kamu saat kerja dan tinggalkan urusan pekerjaan kamu ketika jam pulang tiba. Pulang dan rileks-lah. Habiskan waktu menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman. Jangan biarkan tekanan dan urusan pekerjaan mempengaruhi waktu berharga kamu bersama keluarga dan teman. Bahkan jika kamu sedang memiliki masalah atau sedang berurusan dengan klien yang menjengkelkan di kantor, tinggalkanlah hal tersebut untuk esok hari di kantor. Hal paling utama untuk lebih menikmati pekerjaan atau membuat pekerjaan lebih menyenangkan adalah sikap kita sendiri. Fokuslah hanya pada sisi positif dari pekerjaan dan posisi kamu, maka aspek negatifnya tak lagi tampak sangat menjemukan bagi kamu.


6. Percaya pada sebuah proses
Untuk menjadi kupu-kupu yang cantik, seekor ulat harus bersabar menjalani proses kehidupannya. Mulai dari berbentuk ulat yang kebanyakan orang jijik terhadapnya, lalu bentuk kepongpong yang banyak orang tak memperhatikannya dan akhirnya berhasil menjadi kupu-kupu yang cantik dan menarik banyak orang. Demikian juga dalam pekerjaan, kita harus menghargai prosesnya. Karena jika kita fahami, sebenarnya setiap tahap yang kita lewati mengandung nilai hidup yang sangat berharga. Kesabaran, mental, serta skill kita akan terasah lewat serangkaian proses tersebut. Memang benar bahwa menjalani proses itu menyakitkan. Namun dibalik awan mendung selalu ada mentari yang menanti untuk bersinar. Setia pada proses, itu kuncinya.


7. Tantang diri untuk meraih level lebih tinggi
Tak peduli di manapun posisi kamu saat ini, pasti selalu ada ruang untuk perbaikan dan peningkatan. Jika kamu adalah seorang karyawan, cobalah tantang diri untuk mendapatkan posisi setingkat lebih tinggi dalam perusahaan setelah beberapa waktu tertentu. Buat deadline atau target waktu untuk tantangan tersebut. Jika kamu seorang pebisnis, maka tantanglah diri anda untuk membawa bisnis ke jenjang dan level yang lebih tinggi atau luas.


8. Melakukan kebaikan di tempat kerja
Melakukan hal baik kepada rekan kerja ataupun orang yang bekerja dengan kita, bisa menumbuhkan kenikmatan bagi pekerjaan. Traktir rekan kerja saat makan siang. Atau berikan hadiah kecil pada klien yang berulang tahun. kebaikan itu menular. Ketika setiap orang tersenyum kepada kamu, pekerjaan akan lebih menyenangkan.


9. Bersyukur
Suka mengeluh karena esok harus berangkat bekerja?. Pikirkan dengan banyaknya pengangguran yang harus berjuang mendapatkan apa yang telah kita miliki saat ini. Bersyukurlah dengan pekerjaan kita, bersyukurlah dengan apa yang telah kita peroleh dari hasil jerih payah. Dengan bersyukur, kamu akan lebih bersemangat untuk menjalankan peran pekerjaan kamu.


10. Berdoa
Cobalah berdoa agar kamu betah di tempat kerja jika kamu merasa 'gak betah ditempat kerja. Karna doa juga bisa buat kita kerja lebih nyaman.


Bagaimana?. Sudah mulai termotivasi untuk lebih bersemangat lagi?. Semoga kata motivasi mencintai pekerjaan ini, dapat membuat Anda menikmati pekerjaan yang tidak Anda sukai. Kuncinya, jangan pantang menyerah dan jangan selalu melihat ke atas, cobalah untuk melihat ke bawah sekali-kali dan kamu akan menyadari bahwa hidup dan pekerjaan yang kamu miliki sangat berarti. Dan bila Anda tidak menikmati pekerjaan, jangan biarkan hal itu memengaruhi kehidupan pribadi Anda.


Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menikmati pekerjaan adalah dengan fokus kepada apa yang bisa kita lakukan. Inilah cara menikmati pekerjaan yang tidak disukai!. Cara paling mudah untuk membuatmu lebih menikmati pekerjaan dan karirmu. Karna jika kamu mencintai pekerjaan yang sekarang maka kamu akan mudah bekerja dengan lebih baik. Demikian juga sebaliknya jika kamu membenci yang tidak Anda sukai. Lakukan tips cara menikmati pekerjaan yang tidak Anda sukai ini, agar Anda dapat menikmati hari-hari yang dilalui.


1 komentar


EmoticonEmoticon