Tips Mengatasi & Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tips mengatasi dan meningkatkan produktivitas kerja. Cara meningkatkan produktivitas kerja menurut para ahli, ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Dalam pengertian produktivitas kerja menurut para ahli, maka kerja produktif adalah "perbandingan antara hasil dengan masukan harus lebih besar". Tahapan meningkatkan produktivitas kerja yang efektif dan efesien, makalah ini bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi Anda untuk bisa meningkatkan produktivitas kerja Anda maupun karyawan.

Cara meningkatkan produktivitas kerja
(foto: google.com)

Cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan yang pertama adalah dengan memberikan motivasi. Dalam bekerja kita dituntut untuk selalu produktif, agar tujuan perusahaan yang menjadi kontribusi kita tercapai. Namun ada beberapa hal yang terkadang menjadikan kita menjadi un-productive. Lalu bagaimana cara mengatasinya?.

Cara meningkatkan produktivitas kerja Anda bagi perusahaan agar bisa membuat lebih produktif. Maka ketika Anda bekerja dan terikat dalam suatu oganisasi yang memiliki tujuan, Anda harus berperan aktif untuk mencapai tujuan bersama itu. Apakah yang terkait dengan pekerjaan individu maupun kerja tim. Keduanya mempunyai peran masing-masing.

Namun pertanyaannya, apakah Anda produktif?. Atau seberapa produktif Anda dalam peran Anda sebagai pegawai?. Jawabannya mungkin ketika Anda bisa menyelesaikan tugas dan pekerjaan individu maupun tim seiring dengan tercapainya target individu maupun perusahaan.

Dalam buku “7 Habits of Highly Effective People” ini. 



The 7 Habits of Highly Effective Teens
Kebiasaan pertama adalah jadilah proaktif. Dan dalam buku tersebut dijelaskan mengenai konsep “The Circles of Control and Influence” yang menerangkan bahwa orang yang proaktif akan memfokuskan energi mereka ke hal-hal yang bisa membuat mereka memegang kendali dan mempengaruhi semua orang. Siklus ini akan membuat Anda bekerja secara efektif dan meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja.
 
 
Faktor yang mempengaruhi produktivitas 
kerja karyawan sangat banyak. 
Namun ada 4 perubahan kecil 
yang membuat Anda bisa lebih produktif, 
diantaranya adalah:
 
1. Jadwal meeting
Sebelum menghadiri suatu meeting, coba pikirkan, “Apakah meeting ini akan membuat Anda dapat memegang kendali atau mempengaruhi orang?”. Singkirkan jika ini tidak masuk kriteria. Teknik ini bisa membantu banyak manager untuk mengurangi waktu mereka dalam menghadiri suatu pertemuan dan menggantinya dengan meluangkan banyak waktu untuk mengeksekusi suatu project. 
 

2. Lewatkan meeting yang tidak relevant
Ajukan pertanyaan yang sama pada poin ini. Beberapa top manajemen pernah mengatakan bahwa dia pernah melakukan meeting yang intensif selama satu minggu, tapi tidak mendapat apapun. Jadi dia mengganti pola meeting dengan pendekatan yang berbeda, mereka akan berkomunikasi satu dengan yang lain menggunakan text/sms/chatting untuk membahas sesuatu hal yang penting daripada meeting di suatu tempat. Yang terpenting adalah komunikasi dan koordinasi antar personal dan tim.
 

3. Berbincanglah dengan pegawai/rekan kerja Anda
Ada kemungkinan sebagian orang dalam tim Anda yang tidak menggunakan konsep “The Circles of Control and Influence”. Ketika rasa khawatir muncul, dia tidak mencoba untuk mengatasi kekhawatiran tersebut. Dengan komunikasi dengan partner kerja maupun atasan Anda, akan menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Ada banyak orang dalam perusahaan dengan karakteristik dan ide yang berbeda-beda, manfaatkanlah itu untuk membantu permasalahan Anda yang terkait dengan pekerjaan.
 

4. Email
Email Anda dalam daftar menjadi peserta diskusi, dimana Anda tidak memegang kendali dan memberikan pengaruh. Saatnya melupakan email tersebut. Mulailah dengan me-review semua email masuk. Jelaskan kepada atasan bahwa Anda tidak bisa mengontrol dan mempengaruhi orang. Cari tahu dengan bertanya apa yang Anda harapkan. Jika Anda tidak percaya dapat mengatasi suatu issue, mintalah nama Anda di hilangkan dalam daftar.
 

Inilah beberapa tips cara meningkatkan produktivitas kerja Anda sebagai karyawan maupun sebagai pemilik perusahaan. Dan tahapan awal ini dapat meningkatkan produktivitas, namun perlu dibuatkan strategi yang lebih jitu dalam meningkatkan produktivitas kerja Anda dalam segala hal. Orang yang tak mampu produktif akan terlindas oleh kemajuan jaman. Sehingga dalam segala hal, kita perlu meningkatkan produktivitas kerja. Menjadi lebih produktif, sudah tentu menjadi keinginan Anda bukan?. Namun, sudahkah Anda menemukan cara mengatasi kerja Anda yang tidak produktif itu?.



This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon